bet365

Rabu, 09 Agustus 2017

Tailorku | tailor di jakarta dan Tangerang

Jas adalah busana pria paling sulit dalam hal pembuatannya, begitu banyak proses dan tekhnik yang harus di lalui dalam membuat sebuah jas yang sempurna.
Pertama, calon pemakai jas akan mencari sebuah tailor yang terbaik, terdekat, serta termurah . Pencarian tailor bisa dilakukan secara offline dengan menyusuri jalan yg tidak jauh dari tempat tinggalnya, atau pencarian sebuah tailor juga bisa dilakukan secara online terlebih dahulu agar saat menyusuri jalan menuju tailor terdekat yang dicari lebih mudah dan jelas arah tujuannya.
Setelah bertemu dengan tailor yang dituju,orang yang hendak menjahit jas harus teliti dalam menentukan pilihan bahan dasar jas, agar jas yang akan di kenakan pada saat acara sempurna jatuhnya di badan si pemakainya. Bila calon pemakai jas tsb tidak faham betul akan jenis bahan apa yang bagus dan cocok untuk di pakai olehnya, biasanya Tailor ditempat orang tsb mempercayakan pembuatan jasnya akan membantu merekomendasikan bahan jas apa yang cocok bagi si calon customer tailor tsb.
Setelah cocok dan deal dgn bahan jas yang telah di sepakati, maka si calon customer dan tailor tsb akan melalui proses pengukuran jas, proses pengukuran jas tsb akan dilakukan secara hati-hati oleh tailor yang bersangkutan.
Lalu si customer akan ditanyakan perihal model jas yang akan di pilih, biasanya Tailor terkait akan menunjukkan beberapa opsi model jas yang cocok bagi si calon pemakai jas berdasarkan bentuk tubuh si customer. Bila si customer tsb memiliki referensi model jas sendiri, biasanya vendor tailor yang up to date akan model jas terkini akan menyanggupi permintaan si calon customer tsb, meskipun referensi model jas tsb rumit.
Setelah proses transaksi awal antara si customer dan vendor tailor telah selesai,kini giliran vendor tailor tsb Yang menyiapkan beberapa keterampilan serta tekhnik yang dikuasai oleh tailor tsb.
Adapun tekhnik dalam membuat jas hampir semua tailor sama, meskipun ada beberapa tailor yg mempunyai ciri khas serta tekhnik sendiri dalam hal menjahit/membuat jas.
Umumnya di tahapan awal para tailor'man akan mulai membuat pola dasar jas sebuah kertas karton sesuai dengan postur tubuh customer yang telah diukur sebelumnya.
Setelah pola tsb jadi, lalu pola tsb akan di terapkan ke bahan dasar jas yang telah dipilih si customer, dengan cara memindahkan gambar pola menggunakan kapur khusus tailor.
Lalu cutting material processed / proses pemotongan bahan, pemotongan bahan harus dilakukan dengan sangat hati-hati,karena bila salah dalam memotong bahan akan berakibat gagal ketahap penjahitan.
Kemudian tahap berikutnya menyiapkan bahan pendukung untuk membuat jas, seperti furing,kufner,canvas,padding,ring tangan,benang jelujur,benang jahit sesuai warna jas. etc
Saat semua keperluan perlengkapan jas sudah lengkap maka tailor man tsb akan menjiplak satin furing dan juga lem kufner secara presisi dan harus akurat agar antara bahan dasar jas dengan furing pelapis jas benar-benar pas, sehingga hasilnya jas tsb akan tampak lebih sempurna.
Lalu menyiapkan setrika,untuk menempelkan badan depan jas dengan kufner,agar jas tsb terlihat serta terasa lebih tebal,proses pengeleman badan jas ini harus benar-benar merata dan presisi agar tidak terjadi pengelotokan pada jas tsb ketika selesai dipakai lalu di laundry.
Setelah proses pengeleman jas selesai, kemudian proses jahit pun di mulai,dengan menjahit setiap pecahan pola jas yang telah dipotong beberapa bagian sebelumnya.
Proses menjahit jas tidak seperti menjahit kemeja/celana yang jarang sekali menggunakan setrika, proses menjahit jas harus sering menggunakan setrika setiap kali penyambungan antara pola yang satu dengan yang lainnya,agar hasil akhirnya benar-benar licin dan sempurna.
Akhirnya proses pembuatan jas pun telah selesai,namun ternyata masih belum selesai sempurna,jas tsb pun masih harus melewati proses finishing...penyetrikaan ulang terhadap keseluruhan jas agar tampak lebih licin dan sempurna dengan menggunakan setrika uap,lalu pelubangan kancing jas serta pemasangan kancing jas baik di badan jas maupun di tangan jas.
Semua proses pembuatan jas tersebut memakan waktu kurang lebih dua sampai tiga hari untuk satu buah jas pria dengan pengerjaan jam kerja normal pada umumnya.
So...terbayangkan harga jahit jas pantasnya berapa rupiah...?
Dan tiba saatnya tailor man menghubungi si customer untuk datang kembali ke tailor tsb guna melakukan proses fitting jas yang telah dipesannya.
Bersambung......

By : Abdul Rosid (Tailorku.com) 0813 5000 4982 / 0838 9755 8591






Tidak ada komentar:

Posting Komentar